Mengenang Pak Jojon

Tadi pagi,  baru jam 8.30 buka hp, pas buka Twitter, langsung kebaca tentang meninggalnya Pak Jojon. Kalau orang lain terbiasa sebut Jojon, maka gue kebiasaan manggil beliau Ayah Jojon. Sok akrab? Ya biarin deh.

Beberapa tahun yang lalu, waktu gue di Komando, Ayah Jojon merupakan salah satu talent andalan kami. Kebetulan kami banyak produksi acara-acara komedi, talent yang hampir selalu kami libatkan adalah Ayah Jojon.

Mulai dari acara sahur, sampai buka puasa.
Kebayang kan, kalo bulan puasa, gue ketemu beliau lebih sering daripada ketemu bokap nyokap gue sendiri? Sahur bareng beliau, buka puasa juga.

Yang gue inget dari Ayah Jojon adalah:

Beliau sangat disiplin. Acara live buka puasa, beliau pasti datang sebelum Ashar. Malah sempat beberapa kali kami kena jewer karena beliau datang duluan dibanding kami-kami ini. Disiplinnya beliau ini bikin gue suka murka sama artis-artis baru kemaren yang pada sok ngartes. Rasanya mo teriak, "heh, tuh lihat si Ayah, lo belon pada lahir, dia udah jadi artis!".

Sebelum memakai kostumnya, beliau sosok yang serius. Lagian kalo beliau ngelucu tapi nggak pake kumisnya itu, asa nggak lucu, sih. hahaha. Kalo lagi reading naskah sebelum live, kan masih pada belum berkostum tuh, nah, dia coba mengucapkan script-nya, tapi nggak lucu. Hahaha! Kadang kita mau ketawa, tapi nggak enak hati, abis bacainnya serius :D

Artis yang nggak neko-neko. Emang ye, artis lama itu lebih nggak macam-macam dah. Nggak ngaret, masalah harga juga nggak amitamit kaya si sapa tuh artis neneng yang tiap hari nongol di tv seepisode mintanya bisa 60 juta! Bahkan masalah makanan, tempat istirahat, beliau nggak pernah nuntut macam-macam. Kalau misalnya sebelum acara live dia masih capek, ngantuk, ya dia bisa tidur di mana aja. Di mobil kek, malah pernah beberapa kali gue lihat dia tidur di set :(

Kalo lagi begitu, gue suka inget bokap. Kalo bokap gue di usianya yang segitu masih ngelawak, masih dijadiin bahan cela-celaan, pasti rasanya sedih banget, ya. Makanya gue respect banget sama Ayah Jojon, dedikasinya sangat patut dihargai. O, iya, dia satu-satunya artis yang gue minta foto bareng di antara sekian banyak artis yang pernah syuting bareng, hahaha.

Selamat jalan Ayah Jojon, semoga tenang di sana. Terimakasih sudah meninggalkan kesan yang baik di diri saya, dan mungkin banyak orang lainnya :)

waktu pemotretan untuk promosi salah satu acara tv di kantor
di salah satu program RCTI
Kenapa nggak nemu foto gue yang bareng almarhum ya? :(


nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

No comments:

Post a Comment